Friday, 13 January 2017

today was not my day: anti klimaks

Setelah beberapa hari tidak kunjung aktif, akhirnya gue kembali ke galeri itu. Rencana gue buat numpang opang langganan nyokap harus kandas karena doi ditelepon ga jawab-jawab. Feeling kami sih doi lagi molor. Akhirnya, gue bawa ponsel nyokap dan naik ojek online. Setelah pegal bertengger lama di atas jok motor karena macet parah, gue akhirnya sampai di lokasi tujuan. Beberapa meter menjauh dari abangnya, si abang teriak manggil gue. Ternyata abangnya berusaha ngasih tau ada plastik nyempil di antara kaki dan sepatu gue dan dia kewer-kewer ketika gue jalan. Thank to abang ojek karena sukses menyelamatkan gue dari rasa malu. Tapi, masih ada rasa malu yang lain. Nanti gue sampai pada bagian itu. 

Gue langsung diarahkan ke bagian customer service. Ga nunggu lama. Lalu gue bingung ketika nomer antrian gue disebut karena gue ga bisa baca nomer konternya. Tapi ada satu mas-mas berdiri di belakang meja dan gue nyamperin dia. Gue kenalan (dan sekarang gue lupa namanya saking ga fokusnya). Another Mas Kece, tapi bukan karena ini ga fokusnya. Gue ga begitu fokus karena capek dan baru banget nyampe. Jalan cepet-cepet. 

Mas yang ini juga ramah dan friendly, tapi jauh lebih friendly. Dan supel. Lewat doi gue akhirnya tau kalo rambut gue berantakan. Doi nanya gue abis lari atau gimana dan gue jawab abis naik ojek. Dia manggut-manggut. Dia nanya masalahnya apa dan gue jawab, "ceritanya panjang sih," dan langsung ditanggepin dengan antusias, "boleh cerita dulu kalo gitu." Gue lega banget. Gue udah gatel selama berhari-hari pengen cerita ke orang (gue sempat cerita ke ijen di hari kejadian). Gue cerita ke masnya tentang simcard itu tapi minus jatoh tengkurap dan kesusahan pulang. Waktu gue bilang mas yang dulu ketawa, dia bilang kalo dia juga pengen ketawa dengernya. 

Selesai cerita, dia nanya gue bawa kartu yang baru ga (bukan simcard). Entah kenapa gue ga bawa. Gue jawab, "engga" dan geleng-geleng. Dia balas, "Mbak polos banget sih," sambil ketawa. Ya ampun. Gincu merah tua yang gue pake dan tas dari cici yang sebenarnya buat nyokap ga mampu buat membuat gue terlihat dewasa. Sebenernya gue keliatan berumur dengan itu, tapi baju gue ada gambar huruf-huruf. Dan tampang gue bloon. Dua itu sukses mengeluarkan diri gue yang sebenarnya. 

Kami ngobrol-ngobrol sambil dia ngurus. Dia sempet nawarin paket prabayar dan setelah selesai dia promosi, gue cuma memandang dia dengan tatapan kosong yang mana sebenernya gue sadar dia nunggu respon gue. Akhirnya dia sadar dan "oke saya lanjutin ngurus ini nya." Oiya pas ngobrol, lagi-lagi dia terdistraksi sama rambut berantakan gue. Dia mempersilakan gue buat ngaca tapi gue terlalu mager buat beringsut. Trus dia pergi entah ke mana. Gue bosen nunggunya. Akhirnya gue main 2048. Lagi asik-asik main, dikagetin sama doi. Doi benar-benar memperlakukan gue kayak bocah SMA. Bahkan anak SMA jaman sekarang lebih dewasa. 

Pas mau tanda tangan, dia sempet muji kuku gue. "Kukunya bagus." Gue tersanjung. Ga pernah di manicure loh mas *kedip kedip* tapi tentu gue ga bilang gitu dan ga kedip-kedip. Pas gue nulis nama gue sempet ditanya mau jadi artis ya dan gue jawab mau jadi penulis novel. "Jadi nanti kalo saya nemu buku namanya 'meri handayani' itu berarti Mbak ya." Gue mau bilang kalau kemungkinan besar bukan itu nama yang gue pake tapi yasudahlah. Belum kesampean juga. Dan dia melontarkan satu pertanyaan lain yang sebenarnya kurang lebih agak terkait dengan alasan itu. "Ada hubungan apa sama tut wuri handayani?" Jengjengjeng.

Di akhir, gue sempet tertarik untuk daftar paket itu. Harga termurahnya sama kayak harga paket internet bulanan gue. Ketika gue mulai isi data buat daftar, gue baru ngeh harga di brosur beda sama aslinya. Dua kali lipat. Dan itu di luar kebutuhan gue juga. Entah gue yang sebelumnya ga merhatiin dan ga aware atau gimana, gue akhirnya minta cancel. Mas nya rada bete, tapi doi cukup baik dengan bersikap biasa aja. Maaf ya, Mas. Da aku mah apa atuh, bukan businesswoman yang sebulan perlu biaya segitu untuk komunikasi. Semoga mas nya ga bete dan ga kapok dengan pelanggan kayak gue. 

Begitu sampe di parkiran, gue langsung buka aplikasi ojek online. Ilang sinyal. Setelah beberapa menit muter-muter nyari sinyal di ponsel nyokap, gue berhasil pesen. Dan gue pulang ke rumah dengan selamat dan ga kena ujan. Tapi btw, sampai tulisan ini gue posting, simcard gue masih belum aktif. Padahal katanya satu jam. Yaa, gue tunggu aja. Katanya ada kemungkinan 1x24 jam. Doakan saja. 

NB: jempol buat petugas customer service dan petugas lainnya. Mereka emang sukses di training untuk benar-benar ramah, friendly, supel, tapi ga over.
Part 1
Part 2

No comments:

Post a Comment